Logo Yasau

YASAU

Yayasan Adi Upaya

KETUM YASAU BERIKAN SAMBUTAN PEMBUKA (OPENING SPEECH) PADA FGD UNSURYA
Berita

KETUM YASAU BERIKAN SAMBUTAN PEMBUKA (OPENING SPEECH) PADA FGD UNSURYA

Dibaca : 331

|

04 July 2024

|

Prayitno

Bekasi-Yasau.  Ketum Pengurus Yasau Marsda TNI (Purn) Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr.(Han)., memberikan Sambutan Pembuka (Opening Speech) pada acara Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya), pada Rabu, 3 Juli 2024, di Park Hotel, Cawang, Jakarta.

 

 

FGD membahas mengenai “KOMPETENSI LULUSAN TEKNIK PENERBANGAN MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0”, diselenggarakan dalam rangka pengembangan kurikulum dan rencana implementasi Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) Prodi Teknik Penerbangan Fakultas Teknik Dirgantara dan Industri Unsurya  tahun 2024 dengan melibatkan Mitra Prodi sejenis, DUDI, dan Pemangku kepentingan.

 

 

Keynote speech disampaikan oleh Rektor Unsurya Marsda TNI (Purn) Dr. Sungkono, S.E., M.Si.,  yang mempresentasikan materi guna menginspirasi, memotivasi, dan memberikan wawasan mendalam, serta menetapkan arah dari FGD tersebut.

 

 

FGD menghadirkan 2 (dua) narasumber yaitu Pertama, Bapak Rianto Adhy Sasongko, S.T.,M.Sc., Ph.D., Dosen ITB Bandung, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), menyampaikan materi dengan tema: “Profil dan Kompetensi Lulusan Teknik Penerbangan di Era Revolusi Industri 4.0”. 

 

 

Narasumber Kedua, Prof. Dr. Ir. Dwita Suastiyanti, M.Si., IPM, ASEAN Eng., Dosen Institut Teknologi Indonesia (ITI), Fakultas Teknik, menyampaikan materi dengan tema “Implementasi MBKM Mandiri”.

 

 

Sedangkan peserta FGD terdiri dari:

- Universitas yaitu FTMD ITB, Universitas Nurtanio Bandung, ITD Adisutjipto Yogyakarta, IULI Serpong, dan STTKD Yogyakarta.

- DUDI dan Perusahaan Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) yaitu PT. Dirgantara Indonesia, IAMSA, FL Technic, GMF AeroAsia, PT. Aero Nusantara Indonesia, LION GROUP, PT. CSE Aviation, PT. Mulatama, PT. Sumber Graha Sejahtera (Sampoerna Kayoe) Kalimasada, dan PT. Weststar Aviation Indonesia.

- Instansi yaitu Yasau, DKPPU, BRIN, dan TNI.

- Sivitas Akademika Unsurya para Warek, Ka SPI, Ka LP3M, Dekah FTDI,  dan Ka Prodi Teknik Aeronautika.

 

 

FGD merupakan salah satu tahapan dari rangkaian proses yang harus dilalui sebagai metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang pandangan dan pengalaman peserta terkait suatu topik.

 

Tujuan FGD ini adalah  menentukan profil lulusan dan kompetensi utama lulusan (CPL) Teknik Penerbangan, melakukan kerjasama pengembangan kurikulum dan model pembelajaran berbasis proyek dan studi kasus, merencanakan implementasi MBKM mandiri di Industri Penerbangan, dan pertukaran mahasiswa prodi sejenis.

 

Dari hasil pembahasan dan diskusi, catatan penting yang harus menjadi perhatian Unsurya adalah perlu adanya institusional supporting system: Tim pengelola, sistem Informasi, Dokumen Kemitraan, kurikulum mendukung MBKM, Kebijakan Internal Institusi untuk menjalankan implementasi MBKM di Perguruan Tinggi.

 

MBKM memberi banyak dampak positif bagi Mahasiswa, Institusi, dan, Mitra, oleh karenanya perlu implementasi pengembangan teknologi di era revolusi 4.0 ke dalam kurikulum Pendidikan Tinggi, yang salah satunya dapat diterapkan dengan penggunaan Artificial Intelligence dalam metode pembelajaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Logo Yasau

YAYASAN ADI UPAYA

Jl. Raya Pasar Kranggan No.32 A Jatisampurna - Bekasi - 17433

(021) 84594983

(021) 84594981

admin@yasau.co.id

yasau.co.id

Media Sosial

Social Media
Social Media
Social Media
Social Media